Cara Servis Injektor Motor Injeksi Yang Tepat

Dalam hal merawat motor khususnya untuk melakukan servis sepeda motor injeksi, untuk perawatan rutin seperti mengganti oli, bersihkan saringan udara atau menggantinya dengan yang baru serta perawatan lainnya yang yang tepat atau benar bisa terbilang hal yang mudah. Oleh demikian dengan adanya panduan cara perwatan motor dengan melakukan servis injektor motor injeksi yang benar berikut ini bisa dijadikan acuan buat sahabat trend otomotif yang hobi bongkar pasang sepeda motor kesayangannya tampa perlu membawanya ke bengkel.

Adapun keharusan dalam melakukan servis injektor pada sepeda motor injeksi sangat diperlukan agar bisa memastikan tentang kebersihannya, terlebih lagi pada kualitas bahan bakar agar system kerja injeksi tidak bermasalah terutama dibagian injektor itu sendiri. Perlu di ingat tentang perawatan motor injeksi , jika sepeda motor injeksi sering menggunakan atau mengkonsumsi bahan bakar yang kualitasnya kurang baik, tentu dipastikan kalau pada bagian komponen injeksi sangat mudah dihinggapi kerak atau kotoran, hal ini pastinya mengakibatkan kualitas semprotan bensin tidak bagus dan akan berdampak pada performa mesin "selalu membersihkan komponen pada bagian injektor secara berkala" melalui benkel resmi terdekat di kota sahabat trend.
servis-injektor,cara-servis-motor-injeksi

Servis injektor motor injeksi bisa disimak melalui panduan servis motor injeksi untuk motor yang menggunakan sistem injeksi

Untuk Sepeda motor Yamaha disarankan jika sudah menempuh jarak perjalanan 10 ribu kilo meter atau sudah dilakukan pemakaian selama 1 tahun, tentu pada injektor harus diperhatikan dan dibersihkan terutama bagian throttle body dan injektor, supaya lebih awet serta performa tetap prima tanpa adanya gangguan. Biasanya saat motorYamaha injeksi sudah dipakai 1 tahun, dan pada waktu dibongkar tentu akan terdapat kerak yang menumpuk terutama dibagian throttle body maupun injektor, kemudian ketika melakukan pengujian dengan mesin pada debit dan arah semprotan injektornya serta hasil emisi gas buangnya akan terlihat adanya perbedaan antara motor baru dengan motor yang sudah dipakai dalam hitungan pemakaian 10 ribu kilometer, isi ataupun volume semprotan saat injektor yang kotor akan berkurang dari kondisi normal serta arah semprotan tidak sejajar serta emisi gas buangnya tidak bagus lagi, adapun untuk proses pembersihan pada motor injeksi Yamaha disarankan agar menggunakan cairan cleaner 3M FI.

Lalu pada motor Suzuki yang menggunakan sistem injeksi, untuk pemakain mencapai 20 ribu km, disarankan agar membersihkan injektornya dengan cairan injektor cleaner, namun jika performa mesin motor tersebut memang sudah mulai menurun sebelum jarak tempuh sebaiknya juga segera dibersihkan. sebab tidak diketahui bagaimana kualitas dan kebersihan bahan bakar yang ada pada motor, dan jika motor tersebut sudah menempuh perjalanan 20 ribu kilo meter kemudian performa mesin masih tetap stabil, tentunya pada bagian komponen injektor jika tidak di servis pun tak akan mempengaruhi kondisi motor.

Bagi sahabat tren otomotif yang menggunakan motor Honda. Disini mengenai perwatan mesin injeksi ada sedikit perbedaan dari apa yang telah di uraikan diatas, misalnya adanya tumpukan kerak yang diakibatkan dari hasil pembakaran oleh demikian pada sepeda motor Honda tidak perlu membersihkan bagian komponen injektornya secara rutin kecuali motor tersebut sudah dipakai cukup lama atau jarang dipergunakan, sisa bahan bakar yang lama dapat menempel pada saluran bahan bakar dan bisa berubah menjadi karat. Nah itu dibuktikan dari pangakuan pabrikan motor Honda yang selama ini dari sekian tahun yang telah memasarkan motor injeksi, yang belum ditemukan kendala pada komponen injektornya. Oleh karena itu biasnya motor Honda dengan sistem injeksi memberikan garansi system injeksi selama 5 tahun pemakaian atau jarak tempuh sekitar 50 ribu kilo meter apabila komponen bermasalah oleh pabrikan motor Honda biasanya akan ditangani langsung atau diganti dengan komponen yang baru selama dalam masa garansi motor tersebut.

Disrankan untuk selalu melakukan servis rutin agar motor terawat dan memilki performa yang tetap dalam keadaan kondisi stabil.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.