Sahabat trend otomotif tentu tertarik ingin melakukan ubahan maupun modifikasi motor terhadap motor sport kesayangan, namun bingung untuk menentukan jenis serta tipe modifikasi yang sesuai dengan style masing-masing. Terdapat berbagai jenis merek serta tipe kendaraan bermotor yang dipasarkan di Indonesia diantaranya yang lebih dikenal seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, Dari sekian motor yang disebutkan diatas tentu salah satunya sabat miliki. Oleh demikian mungkin dengan beberapa contoh hasil modifikasi untuk inspirasi yang admin rekomendasikan khusus untuk motoe gede berikut ini bisa dijadikan acuan dalam melakukan sedikit ubahan dalam gaya modifikasi motor dibawah ini:
Modifikasi Suzuki Thunder 250 Gaya Cafe Racer
Bertepatan dengan acara KustomFest beberapa tahun lalu dan setelah melihat-lihat berbagai model motor modifikasi dengan aliran yang mengarah pada gaya trend modifikasi cafe racer, sehingga menambah keinginan sahabat tren otomotif sebut saja juragan tembakau yang berasal di daerah Jawa Tengah ini "ingin motor Thunder 250 miliknya bisa dimodifikasi kedalam bentuk cafe style". Sebelum benar-benar Suzuki Thunder 250 Edisi Tahun 2000 miliknnya dimodifikasi. Awalnya Juragan cukup bingung dalam menentukan konsep apa yang tepat untuk di aplikasikan pada motor miliknya yang bisa dibilang setiap hari selalu menemani perjalanannya, sambil mencari referensi memutuskan untuk melakukan modifikasi dengan gaya motor Triumph kepada salah satu rumah modifikasi. Untuk ubahannya awalny memang menggunakan konsep yang cukup sederhana namun memiliki semangat plus didukung pemilihan bagian yang tepat untuk membuat Juragan menyetujuinnya. Dan Akhirnya Suzuki Thunder 250 milik juragan mulai di kerjakan.
Langkah pertama pengerjaan membuka part asli bawaan Thunder 250 dan juga kakinya. Shock front menggunakan copotan Honda CBR400, untuk bagian belakang lengan ayun custom diyakini bisa dibarengi dengan Shock berlabel YSS Z-Series. Roda Jepang 18X3.00 Inch dan Inch 18X3.50 dikombinasikan dengan Firestone Deluxe Champion 18X3.50 dan 18X4.50 untuk depan dan buritan. Kelar mengubah kaki sektor turn body work. Bergantung pada material plat tangki galvanil 1,2 mm yang dimodifikasi berikut tangki ramuan Mecatwin, jok dibuat a la ekor dengan bahan pembungkus kursi yang dipercayakan dengan label MB Tech. Selesai proses body turn-around KOMET Studio ambil bagian, pemilihan warna coklat muda dipercayakan menggunakan bahan base Spies Hecker, begitu pula untuk pernisnya. Dibuat polos tanpa ada saringan airbrush untuk menonjolkan sisi elegan d hasil akhirnya. Beberapa perangkat yang terasa pas dijejali ketat, seperti pemilihan stang gaya Clubman, lampu depan dan belakang aftermarket, cermin dan juga beberapa komponen pendukung lainnya. Karburator sepeda motor digantikan oleh Keihin PWK Sudco 28, aliran gas buang ini difasilitasi dengan custom exhaust blend Flash Muffler Custom cukup membuat Thunder 250 melaju lebih kencang. Beberapa bagian krom chrome memperkuat kesan pada properti Thunder 250 Juragan.
Kelar proses kerja Thunder 250 ala Mecatwin mampu mengubah bentuk asli Suzuki Thunder 250, tampil dengan bentuk terlihat lebih segar.
Beberapa Model Hasil Modifikasi Motor Honda New Mega Pro
Meski megapro baru tampil lebih modern dengan gaya, namun pamornya cukup kalah dengan seri CB150R. Kebanyakan pemilik memodifikasi lebih banyak ban gambot karena ukuran ban standar yang dianggap terlalu kecil. Selain itu, tren modifikasi NMP adalah gaya nungging dengan penerapan kurung pengangkat kejutan, sayangnya modif ini kurang aman dan mempengaruhi keseluruhan penanganan. Tapi tidak dengan modifikasi erro erro kali ini brosis ..
Terlihat sederhana dan minimalis, langit biru bercat biru New Mega Pro mengusung konsep Triump Style. Bisa dilihat dari headlamp style bullet-bullet twins 2 buah. Untuk memperkuat gaya Eropa, setang lebar menjadi menu wajib ditambah dengan penempatan kaca spion di ujung pegangan. Agar seluruh bodi terlihat tidak banyak berubah .... Selain bagiannya juga terlihat pada fender belakang yang dimiliki oleh byson yamaha untuk meminimalkan percikan air yang mengkontaminasi monoshock. Selain itu, langkah kaki kecil mendapat sentuhan modif dengan menerapkan model underbone. jadilah model retro ala triumph.
Ceper Style. Gaya modifikasi motor yang satu ini bisa Anda lakukan supaya terlihat gaul. Anda hanya mengganti pelek dengan ukuran ceking berikut karet ban yang berukuran 200x17. Supaya terkesan bersih dan rapi, pilih warna krom atau silver, dan terakhir ubah kerendahan batang sok depan dan belakang.
Modifikasi Motor Yamaha Byson berbagai Gaya
Mengenai bodywork, empunya Byson ini memiliki selera yang patut di acungi jempol. Ini termasuk memilih komponen estetika secara efisien untuk memperkuat konsep Racing Look. Ke depan, pemilik motor yakin bisa menerapkan lampu proyektor Byson Custom LED disertai handlebars semi balap. Semakin solid dengan standar Yamaha Byson diganti sok standar Byson diganti upside down buatan Thailand. Lanjut ke bagian belakang, lengan ayun asli juga meninggalkan produk RD yang diganti. Desainnya sinergis dengan eksterior Custom Termignoni yang mengesankan dan semakin terkesan lebih sporty. pilihan ban 120/60-17 dan 160/60-17
Nah selain dari hasil modifikasi Yamaha Byson seperti contoh gambar diatas, tentu masih banyak model modifikasi yang tak kalah menarik lagi seperti diantaranya:
Mothai Look. Gaya ini membuat Yamaha Byson tampak makin gaul. Modifikasi motor yang bisa dilakukan pada motor ini, berupa pelek dengan ban ceking dipadukan dengan tromol cakram Ninja yang besar, atau tromol cakram pada Buel, namun dipasang pada model jeruji. Sentuhan akhir bisa menambahkan pelek jari-jari di bagian atas, supaya tampilan atas terlihat makin kekar.
Hypermoto Style. Bagaimana dengan modifikasi motor gaya ini? Supaya lekuk dinamis ekor dan tangki tepat, gunakan balutan kaki jangkung. Modifikasi juga bisa mengusung kaki-kaki moge dengan karet ban aspal. Supaya bisa diajak bermanuver, cukup dengan menambahkan rangka tubular.
Extrem Stlye. Sebanding dengan Honda MegaPro, tampilan bak motor konsep Byson ini paling bagus diubah dengan gaya extrem. Dengan kaki-kaki single sisi belakang dan tambahan radiator besar di depan, sosok mesin dan bodi Byson akan terlihat makin berotot.
Modifikasi NSR 150 Perpaduan antara Ducati Desmosedici dan Honda RC212V
Untuk melapisi bodi NSR 150 dengan full fairing, hanya melipat plat galvanis 0.8mm menjadi jubah Desmosedici. Jubah ini dibuat menjadi tiga bagian, depan, tengah dan belakang, dan masing-masing bagian dibongkar secara terpisah. Sehingga jika akan melakukan perawatan rutin mesin, cukup copot tangki dan bagian joknya.
Untuk menyesuaikan desain dan posisi duduk agar lebih nyaman, serta lebih mengentalkan aura balapnya, ganti stang dengan stang jepit milik Kawasaki Ninja. Modifikasi motor dibuat mengarah pada desain Ducati dengan ekor yang terlihat lebih ramping dan lancip, dan merubah rangka bagian belakang agar lebih menyudut ke ujungnya. Namun rubahan ini tidak merubah rangka asli bawaan Honda NSR itu sendiri.
Untuk menyesuaikan desain modifikasi motor bergaya Ducati, lengan ayun bawaan dari Honda NSR dimusiumkan dan peranannya diganti. Sementara pemilihan velg jatuh pada power dengan berlapis ban Swallow 100/70-17 untuk bagian depan dan 150/70-17 untuk bagian belakang.
Modifikasi Motor Kawasaki Ninja 250R Gaya Japstyle
Modifikasi gaya jap style, yang tergolong berpenampilan klasik dan unik. Motor Kawasaki Ninja 250R bisa dimodifikasi dengan gaya Japstyle. Meskipun model ini jadul, tetapi dengan tenaga dari Kawasaki Ninja 250R, modifikasi motor ini meskipun bodinya jadul tidak bisa dianggap remeh. Apa saja yang dimodifikasi?
Dimulai dengan membuat rangka dan dudukan mesin yang baru untuk mendukung penampilannya. Bodi Kawasaki Ninja Japstyle 250R dipasang beberapa limbah moge dan part after market serta hand made. Untuk rangka, lengan ayun dan knalpot menggunakan hand made RWM. Sok depan menggunakan sok depannya Suzuki Bandit, dan sok belakang YSS Z series. Untuk mesin, ditambah oil coolant dengan radiator milik Satria FU dan water coolant memakai radiator milik Yamaha Vixion dan Satria FU, karena radiator bawaan Ninja terlalu besar untuk gaya Japstlye. Supaya terlihat macho, ban tapak lebar juga disisipkan pada Ninja Japstyle 250R ini. Bagian depan menggunakan aplikasi ban Battlax BT 092 120/60-17 dan ban belakang 160/60-17. Sebagai sanggahan, digunakan velg TK 300-17 untuk bagian depan dan TK 425-17 untuk bagian belakang dan memasang tromol milik KTM.
Posting Komentar