Janis Busi Sepeda Motor Yang Perlu Diketahui

Walaupun berbeda dari beberapa bentuk tipe serta jenis busi yang dipergunakan, namun memiliki fungsi atau kegunaan yang sama yaitu untuk memercikan api pembakar campuran bensin dan udara dalam ruang silinder terhadap kendaraan bermotor. Dengan percikan api di busi ini, maka terjadilah proses pembakaran dalam ruang pembakaran dan hasilnya adalah tenaga penggerak motor. Tenaga yang dimiliki oleh motor adalah hasil pembakaran secara maksimal campuran bensin dan udara. Tentu sepeda motor sahabat trend otomotif akan berfungsi sempurna jika pada busi dapat memercikan bunga api yang baik.
jenis-busi-motor
Percikan api busi yang baik terlihat jika bunga api yang disalurkan berwarna kebiruan. Percikan api tersebut memiliki kemampuan bakar yang sangat tinggi sehingga jika busi motor selalu berada pada posisi tersebut. Proses pembakaran yang dilontarkan dapat berlangsung secara cepat. Oleh demikian, maka busi harus secara rutin diperiksa, terutama pada bagian yang bertugas memercikan api, yaitu elektroda busi dan itu merupakan tips pertama dalam hal perawatan kelistrikan motor perlu diperhatikan, agar motor dapat menyala cepat saat dinyalakan.

Busi memiliki tugas untuk melompati api listrik tegangan tinggi di ruang bakar dan membakar campuran bahan bakar dan udara bertekanan. Percikan api bermunculan di antara elektroda pusat yang diisolasi oleh keramik ke satu atau lebih elektroda massa.

Adapun fungsi ataupun cara kerja Jenis Busi motor sebagai berikut:
• Mampu menerima beban sampai 40.000 volt
• Daya insulasi sampai 1000 ° C.
• Cepat mencapai suhu pembersihan diri.
• ruang bakar.
• Konstruksi mekanis yang kuat.
• Tahan terhadap proses kimia yang terjadi di ruang bakar.
• Tahan terhadap perubahan suhu: campuran bahan bakar gas panas / dingin.
• Mampu menguras panas pada insulator dan elektroda.

Busi dibuat untuk motor tertentu. Busi memiliki benang dan panjang yang sesuai dengan tempatnya, nilai termal tertentu.
Bagian dari Spark Plug
• Batang pengiriman
• Busi rumah
• Seal (model datar atau meruncing)
• Elektroda
• Isolator.

Batang pengatur terbuat dari baja dan pada akhirnya disekrupkan untuk mur kunci yang terhubung ke kabel pengapian atau langsung ke batang penghubung koil. Isolator harus tahan terhadap lonjakan daya tegangan tinggi, sehingga tegangan tinggi tidak melonjak ke samping.
gambar-kontruksi-bsi
Busi yang sudah terpasang dan tidak sesuai dengan sebutannya sebaiknya tidak digunakan lagi. Atau setelah penggunaan kerusakan ringan yang disebabkan oleh retakan meski visibilitas tak kasatmata ini akan menimbulkan gangguan lonjakan api yang bisa menembus celah retakan tersebut.akibatnya melonjak. tidak lagi terjadi pada celah elektroda tapi keluar dan melompat ke massa.

Berbagai Konstruksi Massa Elektrode Busi

Elektroda massa busi

Terdapat 4 jenis elektroda massa busi:

Elektroda massa rata
Side Electrode (ujung elektroda yang terbuat dari platinum)
Lebih dari satu elektroda.
Elektroda segitiga (untuk mobil)

Elektroda massa yang biasanya terbuat dari paduan logam Nikel-Krom biasanya juga terbuat dari baja sehingga bila bekerja elektroda tidak menjadi panas dan bisa memanaskan panas ke massa dengan baik dan awet. Pada elektroda tengah sampai ujung elekroda biasanya digunakan perak yang bisa memperbaiki perbanyakan panas.
jenis-massa-elektroda-busi
Busi yang sekarang dibangun oleh elktrode pusat yang secara langsung berhubungan dengan ruang bakar sehingga terlindungi dari korosi akibat pembakaran, suhu tinggi, tekanan pembakaran, dan kotoran akibat pembakaran dikonstruksi sebagai berikut:

Elektroda terpusat dibungkus
Bagian tengahnya terbuat dari perak
Elektroda pusat terbuat dari platinum
Elektroda pusat dibuat dari Iridium

Elektroda pusat yang terbungkus logam murni lebih disukai daripada logam cor dalam termostat panas namun lebih sensitif dan mudah dipengaruhi oleh proses kimia gas dari pembakaran. Untuk alasan mendasar ini elektroda pusat dibungkus dengan paduan logam Nikel dan intinya terbuat dari perak.
Bagian tengahnya terbuat dari perak

Elektroda pusat perak memiliki sifat pengerjaan yang baik dan suhu sehingga elektroda perak dibuat dengan diameter kecil saja.
Paduan platinum, platinum dan platina memiliki ketahanan tinggi terhadap korosi, oksidasi dan pembakaran. Elektroda platinum yang dibangdingkan dengan elektroda berbasis nikel bisa dibuat lebih kecil sehingga bisa dibuat berdiameter 0,8 mm. Dengan diameter elektroda yang lebih kecil kebutuhan akan tegangan pengapian menjadi lebih kecil, hal ini karena jumlah molekul udara yang ada di ujung elektroda harus diionisasi.
komponen-pada-busi
Elektroda Iridium. Diameter elektroda pusat dapat dikurangi menjadi 0,4 mm sehingga tegangan tinggi lebih terpusat dan ini menyebabkan pembakaran yang lebih baik pada semua perilaku mengemudi. (lihat gambar terbakar)
Pembakaran iridium dan busi biasa

Teknologi logam tinggi pada kedua elang penguat yang terbuat dari elektroda celah Iridium dan platinum tidak boleh diukur dengan logam yang lebih penuh namun diukur dengan kawat (lihat gambar di atas).
pembakaran-jenis-busi-iridium-dan-busi-biasa
Percikan ruang angkasa, (gambar di bawah), Lonjakan percikan normal berasal dari pusat / pusat elektroda hingga elektroda massa seperti gambar a. Bisa terjadi keadaan loncatan percikan api jangan sampai ke elektroda massa tapi melompat ke dalam seperti yang ditunjukkan b. Hal ini disebabkan permukaan isolator dan ada kerak basah. Akibatnya campuran bahan bakar tidak sempurna dan emisi gas buangnya kotor.
Ruang percikan api

Cakram Elektrode Gap
bagian-arah-loncatan-percikan-api-pada-busi
Kesenjangan busi adalah celah sempit antara elektroda pusat dan elektroda massa, semakin kecil jarak antara elektroda pusat dan massa semakin pendek daerah tersebut dapat diionisasi oleh tegangan yang lebih tinggi dan semakin rendah kebutuhan voltase yang dibutuhkan (api kecil) . Gambar di bawah ini: celah busi elektroda.

Celah busi
Pada celah elektroda yang terlalu kecil akan mengakibatkan kebutuhan tegangan untuk melompat percikan api kecil menjadi kecil dan menyebabkan kebisingan motor tidak mulus dan emisi gas buang begitu jelek. Pada celah elektroda yang terlalu besar akan mengakibatkan kebutuhan akan tegangan pengapian yang lebih besar dan cadangan tegangan tinggi akan berkurang.
posisi-celah-pada-busi
Di sebagian besar ruang elektroda busi tidak perlu diatur (celah tertentu), jika celah sudah melebihi ketentuan maka elektroda massa tidak boleh diatur karena berbahaya / berisiko terkena elektroda pecah. Kesenjangan elektroda umum yang dikeluarkan oleh produsen busi biasanya berkisar antara 0,7 mm dan 1,2 mm. Kebutuhan akan tegangan pengapian adalah jumlah tegangan sekunder sampai tegangan bisa meloncat. Pada masa tertentu celah elektroda akan lebih besar karena erosi, oleh karena itu gap perlu diukur ulang setiap periode tertentu sesuai rekomendasi pabrikan, ini biasanya hanya cocok untuk busi dengan elektroda massa tunggal.
Busi Elekrode Pemegang / Posisi Pangku
bagian-elektrode-busi
Pada gambar di atas menunjukkan posisi loncatan api listrik di ruang bakar. Bila loncatan percikan diharapkan berada pada campuran yang paling sesuai untuk dibakar dan selanjutnya dapat melepaskan posisi elektroda pusat pada waktu dan campurta aan akan selalu berubah sesuai posisi beban motor. Pada gambar a dan b adalah jalur loncatan percikan yang terjadi pada busi.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.