Fungsi Komponen Kabel Sepeda Motor

Dalam melakukan sendiri perbaikan atau servis sepeda motor yang mengarah pada masalah komponen sistem pengantar arus kelistrikan, tentu sangatlah penting untuk mengetahui beberapa komponen sistem kelistrikan sepeda motor yang terdapat didalamnya serta perlu memahami maksud serta beberapa fungsi penting untuk bagian komponen pada kabel pembagian arus kelistrikan sepeda motor. Untuk arti warna kabel pada sepeda motor untuk setiap merek kadang berbeda-beda. Namun pada dasarnya kabel-kabel kelistrikan tersebut mewakili muatan positif ( + ) dan ( - ) pada sepeda motor, jika kita salah saat menghubungkan kabel hal ini akan berakibat fatal bahkan dapat terjadi konsleting pada sistem kelistrikan sepeda motor tersebut. Pada setiap sepeda motor mempunyai ciri-ciri warna tersendiri untuk membedakan antara muatan arus plus minus nya. Di dalam kelistrikan motor, beda antara muatan positif dan (-) ini sangat penting sekali, terkadang warna dari setiap merk tidak sama. jika salah melakukan pemasangan antara warna kabel akan berdampak adanya arus kabel yang terkena koslet.
komponen-kabel-sepeda-motor
Mengenal Warna Kabel

Arti warna kabel sepeda motor pada setiap merek sepeda motor kadang berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel-kabel kelistrikan tersebut mewakili muatan posit (+) maupun muatan negatif (-) pada sepeda motor. Jika kira salah dalam menghubungkan kabel bisa berakibat fatal bahkan kebakaran dam sistem kelistikan sepeda motor, hal terburuk dari hal ini adalah kendaraan pun terbakar jika mengenai tangki bahan bakar.

Fungsi untuk komponen kabel arus kelistrikan sepeda motor berikut ini memiliki beberapa warna serta cara kerjanya masing-masing seperti komponen kabel yang yang biasanya terdapat pada motor Honda, Yamaha, Suzuki Dan Kawasaki berikut.

Kabel Kelistrikan Sepeda Motor Honda

Merah ( + ) aki
Hitam ( + ) kunci kontak
Putih ( + ) alternator pengisian ( + ) lampu dekat
Kuning ( + ) arus beban ke saklar lampu
Biru ( + ) lampu jauh
Abu-abu ( + ) flasher
Biru laut ( + ) sein/reting kanan
Oranye ( + ) sein/reting kiri
Coklat ( + ) lampu kota
Hitam-Merah ( + ) spull CDI
Hitam-Putih ( + ) kunci kontak
Hitam-Kuning ( + ) koil
Biru-kuning ( + ) pulser CDI
Hijau-kuning ( + ) lampu rem

Kabel Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha

Hitam ( – ) massa, berlaku untuk semua negative
Hijau ( + ) arus beban penerangan
Merah ( + ) arus positif dari aki
Kuning ( + ) lampu jauh
Cokelat ( + ) sein / reting kiri
Hijau ( + ) araus beban ( penerangan dan lain-lain )
Putih-Merah ( + ) pulser CDI
Hijau-Hitam ( + ) rem

Kabel Kelistrikan Sepeda Motor Suzuki

Hitam-Putih ( – ) massa, berlaku untuk semua negative
Putih-Merah ( + ) pengisian dari magnet
Putih-Biru ( + ) koil ke CDI
Putih-Hitam ( + ) lampu rem
Kuning-Putih ( + ) penerangan / lampu
Biru-Kuning ( + ) pulser ke CDI
Merah ( + ) aki
Oranye ( + ) kunci kontak
Abu-abu ( + ) lampu belakang
Hijau Muda ( + ) sein / reting kanan
Hitam ( + ) sein / reting kiri

Kabel Kelistrikan Sepeda Motor Kawasaki

Hitam-Kuning ( – ) massa, berlaku untuk semua negative
Putih-Merah ( + ) aki
Merah-Hitam ( + ) lampu jauh
Merah-Kuning ( + ) lampu dekat
Abu-abu ( + ) sein / reting kanan
Hijau ( + ) sein / reting kiri
Biru ( + ) lampu rem
Merah ( + ) lampu belakang
Coklat ( + ) klakson
Label: ,

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.